KAPITA SELEKTA (2) Perubahan Sosial dan Modernisasi, Terdapat 9 (sembilan) item perubahan Sosial akibat Modernisasi, Jelaskan dengan contoh

Setiap manusia selama hidupnya pasti mengalami perubahan. perubahan yang terbatas maupun luas, dan ada juga perubahan yang berjalan dengan lambat maupun cepat. Perubahan-perubahan tersebut biasanya berkaitan dengan nilai-nilai sosial, pola pikir, pola-pola perilaku, tradisi dan budaya.

9 contoh perubahan sosial dalam kehidupan nyata:

1. Cara Berkomunikasi
Cara ber komunikasi sekarang ini sangatlah berbeda dengan zaman dahulu. Zaman sekarang lebih menuntut ke praktisan dalam segala hal. Sebagai contoh Berkomunikasi dengan Keluarga atau Teman yang berada jauh dari kita. Zaman dulu, untuk dapat Berkomunikasi dengan orang jauh hanya bisa semnggunakan media Surat. Berbeda dengan sekarang yang tinggal me-mencet beberapa tombol angka di Handphone dan langsung terhubung dengan siapapun yang berada jauh ataupun dekat dari kita.

2. Cara Berpenampilan
Perubahan hidup satu ini sangatlah terlihat dari dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Perubahan cara berpenampilan bisa dikarenakan karna Masuknya Trend Negara Asing ke Negara kita. Sebagai contoh ngehits nya boy band/girl band korea di kalangan anak muda, tidak sedikit anak muda zaman sekarang yang mengikuti cara berpenampilan seperti idolanya tersebut. Dari cara berpakaian, potongan rambut, dan lain lain. Untuk contoh perbedaan pakaian zaman dulu dan zaman sekarang ialah pemakaian Celana. Kalian ingat celana “Cutbray”? Ya, celana yang bagian bawahnya melebar, itu model celana yang sangat terkenal pada zaman dulu. Kalau sekarang tidak ada lagi celana seperti itu, yang ada model celana “Pensil”, itu model celana yang bagian bawahnya bertolak belakang dengan celana “Cutbray”, bagian itu dibuat sangat ketat sehingga mengepas dengan pergelangan kaki.

3. Penyajian Makanan
Penyajian makanan pada zaman sekarang ini sangatlah praktis, memasaknya pun tidak perlu sulit-sulit mencari minyak tanah ataupun kayu bakar kesana-kemari, karna sudah digantikan dengan kompor gas, bahkan kompor listrik sekalipun. Kalaupun kalian malas memasak, tak perlu repot-repot keluar untuk mencari makanan. Zaman sekarang ini sudah banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan jasa Delivery makanan ke rumah kalian. Contoh: Kentucky Fried Chicken, Mac Donal’s, Pizza Hut, dan masih banyak lagi.

4. Pendidikan
Pendidikan zaman sekarang sudah tidak sulit bagi anak-anak sekolah maupun kuliah. Kecanggihan teknologi sangat berpengaruh bagi mereka. Dengan adanya Gadget, mereka dipermudah untuk mendapatkan materi-materi yang merela cari tanpa harus membeli buku ataupun meminjam ke perpustakaan sekolah/kampus.

5. Teknologi
Perubahan yang terjadi dalam perkembangan teknologi sejak zaman dahulu sampai saat ini memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat. Teknologi baru yang muncul di masyarakat memang diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia, dan juga berpengaruh pada kebiasaan, cara berinteraksi, cara berkomunikasi, serta sistem-sistem yang ada di masyarakat. Seperti contoh ada nya Internet, Keberadaan internet di kalangan masyarakat sangatlah dibutuhkan. Banyak memberi informasi, mau yang bersifat berita lowongan kerja, informasi pendidikan, Game(Bagi anak-anak), dan juga Sosial media yang memudahkan kita untuk berinteraksi cepat seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Ask.fm, Yahoo, dan lain-lain.

6. Tradisi
Tradisi adalah kebiasaan turun-temurun yang masih dijalankan dalam masyarakat. Tradisi juga merupakan penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan cara yang paling baik dan benar. Era globalisai berpengaruh pada perubahan tradisi. Tradisi warisan leluhur bangsa Indonesia mengalami perubahan terutama tradisi kuno yang tidak dapat diterima akal. Masyarakat pada Era globalisasi lebih mendasarkan pada akal pikiran dalam bertindak. Contoh perubahan tradisi, Pada waktu Hari Raya Idul Fitri dulu satu rumah mengirimi berkat di semua warga yang ada di kampungnya. Sekarang, tradisi tersebut sudah terhapus dari masyarakat modern sekarang ini.

7. Permainan Tradisional
Hilangnya permainan tradisional sudah terjadi sejak lama. Anak muda zaman sekarang, bahkan anak kecil sekalipun sudah jarang terlihat memainkan permainan tradisional seperti congklak, petak umpet dan lain-lain. Contohnya anak SD sekarang ini, mereka sudah mahir dalam memainkan Gadget, sehingga mereka lupa, bahkan tidak mengetahui keberadaan permainan-permainan zaman dulu yang sudah ada turun-temurun.

8. Alat Transportasi
Transportasi zaman dulu dengan zaman sekarang sangatlah berbeda. Zaman dulu leebih memanfaatkan tenaga hewan, seperti kuda. Dulu, masyarakat jika ingin kemana-mana lebih menggunakan kendaraan bertenaga kuda, yaitu Delman. Contoh, dimana Ketika ada pesta pernikahan, pengantin di arak memakai delman, beda dengan sekarang yang menggunakan tenaga mesin seperti Mobil. Zaman sekarang, masyarakat jika ingin pergi ke tempat yang dekat-dekat saja pasti menggunakan angkutan umum, ada pula yang mengendarai motor bagi yang punya, beda dengan masyarakat dulu yang hanya menaiki delman.

9. Gaya Hidup
Gaya hidup zaman sekarang sangatlah harus diperhatikan. Terutama untuk kalangan anak muda. Dengan ada nya teknologi modern sekarang, manusia dimanjakan dengan ke praktisan yang diberikan oleh teknologi tersebut. Contoh, online shopping, itu adalah salah satu hal yang membuat manusia merasa dimanjakan, dan malas untuk bergerak. Hanya dengan memsan melalui Gadget yang kita punya memesan apapun bisa, Dari pakaian, alat-alat untuk bekerja, sampai ke makanan, semua tinggal dipesan lalu akan dikirim kerumah, dan membuat merasa tidak perlu capek-capek berjalan keluar untuk membelinya. Gaya hidup bermalas-malasan seperti itu memicu generasi anak muda menjadi Malas.

TEMPAT BELAJAR ILMU KOMUNIKASI

Apa itu “The Changes”? Perubahan Sosial akibat modernisasi, dimulai dari gaya hidup (life Style) dan bahkan sampai pada perubahan struktur sosial dan budaya sebagai akibat modernisasi. Apa Itu Modernisasi? Modernisasi bisa terjadi karena lebih cenderung dirancang oleh institusi baik pemerintah maupun swasta. Namun Modernisasi Kebudayaan tidak terjadi karena dirancang, tetapi karena adanya adopsi dari budaya luar. Modrnisasi meliputi hampir seluruh aktifitas kehidupan manusia. Kemunculan teori pembangunan dipengaruhi oleh adanya fenomena kemiskinan di banyak negara dunia ketiga terutama setelah Perang Dunia II. Permasalahan ini didekati melalui perspektif yang berbeda, yaitu

  1. Teori modernisasi yang menjelaskan bahwa kemiskinan terutama disebabkan oleh faktor-faktor internal atau faktor yang terdapat di dalam negeri di setiap kawasan negara yang bersangkutan; dan
  2. Teori dependensi atau teori struktural yang lebih banyak mempersoalkan faktor-faktor eksternal sebagai penyebab kemiskinan. Kemiskinan dilihat terutama sebagai akibat bekerjanya kekuatan-kekuatan luar yang menyebabkan negara yang bersangkutan gagal melakukan pembangunannya.

Ingat bahwa lawan dari paradigma Modern…

Lihat pos aslinya 33 kata lagi

Tinggalkan komentar